AYAT-AYAT RUQYAH PILIHAN

Ayat-Ayat Ruqyah Pilihan Ruqyah Depok | Psikoterapi Ruqyah

Ruqyah digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengobati berbagai penyakit dan gangguan jin. Ayat-ayat Al-Qur’an yang digunakan dalam praktek pengobatan ruqyah merupakan ayat-ayat pilihan yang khusus. Berikut ini akan dijelaskan pengertian, manfaat, ayat-ayat pilihan dalam ruqyah yang sesuai dengan kaidah dan syariat agama Islam.


Pengertian Ruqyah

Ruqyah adalah sebuah metode dalam penyembuhan pada seseorang yang sakit akibat sihir, ‘ain (mata hasad), gangguan jin, kerasukan, rasa sakit, hingga gangguan mental dengan membacakan sesuatu seperti doa-doa.

Secara terminologi, ruqyah adalah al-‘udzah yang memiliki arti “sebuah perlindungan”, dan digunakan untuk melindungi seseorang yang sedang terkena penyakit. Ruqyah juga disebut sebagai ‘azimah yang berarti azimat.

Pengertian ruqyah secara terminologi syariat yaitu doa-doa atau bacaan-bacaan yang bertujuan untuk meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah ﷻ untuk mengobati dan mencegah penyakit atau gangguan.

Manfaat Ruqyah

Ruqyah memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan sehari-hari, sebab dapat digunakan untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit dan gangguan. Berikut ini beberapa manfaat melakukan ruqyah menurut syariat Islam dengan ayat-ayat ruqyah pilihan.

1. Menangkal Gangguan Setan

Manfaat dari ruqyah yang pertama yaitu untuk menangkal gangguan-gangguan jin dan setan. Seseorang tanpa disadari dapat terkena gangguan setan yang mengakibatkan kesurupan, rasa malas, tidak bertenaga, sering sakit, dan lain sebagainya.

Ruqyah dapat membantu seseorang terlepas dari gangguan jin dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Untuk terlepas dari gangguan jin, sebaiknya membaca atau melafalkan surat Al-Mukminun ayat 97-98 yang berbunyi:

وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ , وَقُل رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَٰتِ ٱلشَّيَٰطِينِ

Katakanlah, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan setan, dan aku berlindung kepada-Mu ya Allah, agar mereka tidak mendekati aku.

2. Perlindungan Saat Berada di Suatu Tempat yang Menakutkan

Manfaat ruqyah selanjutnya adalah sebagai perlindungan sebelum atau selama perjalanan ke suatu tempat. Jika Anda merasa takut saat sedang berada di suatu tempat tertentu, Anda dapat melafalkan doa-doa ruqyah untuk meminta perlindungan kepada Allah .

3. Melindungi Anak Kecil dari Bahaya Gangguan Jin

Anak kecil yang masih suci dan tidak berdoa pun tidak lepas dari gangguan jin, oleh karena itu, ruqyah juga bermanfaat untuk melindungi anak kecil. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwa Rasulullah ﷺ pernah membacakan ayat-ayat ruqyah kepada cucunya untuk mengusir dan melindungi dari gangguan setan dan sihir.

4. Menyembuhkan Penyakit Gangguan Mental/Jiwa

Tidak hanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit ‘ain, namun ruqyah juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gangguan mental. Pasien yang mengalami gangguan jiwa/mental dapat dibacakan ayat-ayat Al-Qur’an seperti Al-Fatihah sebanyak 3 kali dan surat Al-Mukminun (115-118).

5. Meredakan Sengatan Serangga

Berdasarkan riwayat Thabrani bahwa Rasulullah ﷺ pernah meruqyah seseorang yang terkena sengatan berbagai serangga beracun dan mematikan. Rasulullah SAQ mencampurkan air dengan garam lalu membacakan surat Al-Kafirun, An-Naas, dan Al-Falaq. Kemudian dibasuhkan ke luka bekas sengatan.

Tata Cara Ruqyah

Adapun tata cara yang disunahkan ketika melakukan ruqyah menurut para ahli dan ulama. Dalam amalan agama Islam, tata cara ruqyah adalah sebagai berikut ini:

    • Bersuci, mandi dan berwudhu
    • Menggunakan pakaian yang bersih
    • Berserah diri dan pasrah kepada Allah 
    • Baik pasien maupun orang yang membantu proses ruqyah harus menutup aurat dengan baik.
    • Pasien tidak diperkenankan menggunakan perhiasan atau benda-benda jimat yang melekat di tubuh.
    • Pasien yang berlawanan jenis dengan orang yang meruqyah harus didampingi dengan seorang mahramnya. Karena selama proses ruqyah, pasien akan dibaringkan secara terlentang.
    • Peruqyah memegang dahi, ubun-ubun, lengan, atau kaki dari pasien saat proses ruqyah berlangsung.
    • Memulai dengan bacaan shalawat, namun jika kondisi tidak memungkinkan, utamakan membaca ayat-ayat inti dari ruqyah.
    • Jika pasien bereaksi saat proses ruqyah, bacakan ayat-ayat tertentu, ulangi hingga pasien berhenti bereaksi.
    • Siapkan segelas air untuk dibacakan ayat-ayat utama ruqyah, lalu tiupkan kepada pasien, dapat juga diminumkan kepada pasien.

Tata cara ruqyah dapat berbeda-beda tergantung kebijakan dan ketentuan yang ditetapkan oleh seorang peruqyah. Namun tetap mengikuti aturan-aturan yang dianjurkan dalam agama Islam sesuai dengan syariat.

Berikut Ini Beberapa Ayat-Ayat Ruqyah Pilihan

Ayat-ayat ruqyah dapat berbeda tergantung tujuan dan kegunaannya. Namun berikut ini beberapa ayat-ayat ruqyah pilihan yang perlu Anda ketahui :

Ayat Ruqyah Azab (Ancaman bagi jin)

·       An Nisa' ayat 56, 166-169

·       Al Baqarah ayat 206

·       Al Maidah ayat 33-37

·       Al-Anfal ayat 9-14

·       Al Hijr ayat 16-18

·       Al Isra ayat 110-111

·       al-Anbiya ayat 70

·       As Saffat ayat 1-10

·       Ad-Dukhan ayat 43-50

·       Al-Jathiya 7-11

·       Al-Ahqaf ayat 29-34

·       Ar Rahman ayat 32-44

·       Al Haqqah ayat 25-37

·       al-Buruj ayat 1-22

·       Al-A'la ayat 1-19

·       Az-Zalzalah ayat 1-8

·       An-Nasr ayat 1-3

Ayat Ruqyah untuk membatalkan dan melepaskan sihir

·       Yunus ayat 81-82

·       Al A'raf ayat 18, 117-122

·       Thaha ayat 69-70

·       Al-Furqan ayat 32

·       Anbiya' ayat 18, 70

·       An-Nur ayat 39

·       Al-Isra' ayat 81

·       Fushilat ayat 42

·       Fatir ayat 10

·       Kahfi ayat 98

Ayat Ruqyah untuk Syifa (pemulihan dan penyembuhan)

·       Al Fatihah

·       Al Isra' ayat 82

·       Fushilat ayat 44

·       At-Taubah ayat 14-15

·       Yunus ayat 57

·       An Nahl ayat 67-69

·       Ash-Syu'ara ayat 75-80

·       Tiga Qul (Qulhu, Al Falaq & An Nas)

Demikianlah Ayat-ayat ruqyah pilihan yang dapat Anda gunakan sesuai dengan syariat Islam. Ruqyah dapat dilakukan dengan meminta bantuan ustaz jika tidak memungkinkan untuk melakukan secara mandiri. Daftarkan diri Anda untuk melakukan ruqyah sesuai syariat Islam dengan menghubungi kontak kami.


Griya Sehat At-Tauhid

Terapi Pengobatan Akhir Zaman ( PAZ ), Konseling Psikologi Qur'ani dan Ruqyah Syar'iyyah di Cinere Sawangan Parung Citayam Bojonggede Depok Cilodong Cibinong Gunung Putri Bogor Jakarta

Melayani konsultasi problematika hidup, pribadi dan keluarga, phobia, kecanduan, paranoia, dan semua keluhan penyakit medis dan non medis, dengan metode yang bersumber dari Al-Qur'an dan As-Sunnah:

1. Terapi Pengobatan Akhir Zaman (PAZ) Al-Kasaw
2. Qur'anic Emotional Release Method (QERM) : Terapi phobia, paranoia, trauma, stress, anger management dll
3. Ruqyah Syar'iyyah

Mari berikhtiar bersama kami, jangan lupa syukur, sabar dan bahagia

Hubungi kami di
08988117726

Barakallahu fikum wa fi

Comments

Popular posts from this blog

SAYA MAU RUQYAH!!!

PENGOBATAN AKHIR ZAMAN (PAZ)

MENGAPA RUQYAH DIPERLUKAN?